Home » » Cara Mengatasi Sakit Kepala

Cara Mengatasi Sakit Kepala

Written By Alfian Junior on Minggu, 01 September 2013 | Minggu, September 01, 2013

Pagi para sobat Blogger.... Kebanyakan orang sering mengalami sakit kepala dari waktu ke waktu, apakah sakit kepala sebelah, belakang ataupun menyeluruh. Pengobatan penyakit ini bervariasi tergantung pada jenis sakit kepala yang Anda alami, tapi di sini ada beberapa cara cepat dan baik, serta solusi jangka panjang untuk menghilangkan rasa sakit kepala sebelum tak terkendali.

1. Meminum pereda nyeri sakit kepala.
Kebanyakan obat penghilang rasa sakit tidak akan bekerja sebelum 30 menit, jadi mengambil dosis sesegera mungkin setelah Anda mulai merasa sakit kepala datang adalah kebijakan yang tepat. Bahkan jika Anda sudah terlanjur mengalami sakit kepala yang sangat dalam, dosis cepat ibuprofen, asetaminofen, naproxen, atau aspirin dapat menjadi pilihan utama.

Sakit Kepala
Jangan minum aspirin jika Anda berusia di bawah 19 tahun, dan tidak memberikan aspirin pada anak anda. Ambil pereda rasa sakit alternative yang lain untuk menghindari Reye sindrom, meskipun jarang terjadi tapi sindrom itu mematikan dan merupakan konsekuensi meminum aspirin.

2. Minum banyak air.
Dehidrasi dapat menyebabkan penyakit kepala, terutama jika Anda sudah baru muntah atau Anda pusing. Minum segelas penuh air segera setelah kepala Anda mulai sakit, dan mencoba untuk terus minum teguk kecil sepanjang hari. Anda secara bertahap akan merasakan sakit mulai mereda. Hindari minum apa pun yang dapat menyebabkan dehidrasi, seperti kopi, alkohol, dan minuman yang sarat dengan gula.

3. Cari tempat yang tenang, gelap untuk istirahat.

  • Jika Anda bisa, cobalah untuk berbaring dan rileks selama minimal 30 menit. Tutup tirai, mematikan lampu, dan fokus pada pernapasan Anda.
  • Meminta keluarga atau teman anda agar tenang. Jika anda terpaksa harus beristirahat sekitar orang lain, jelaskan bahwa Anda memiliki sakit kepala dan meminta mereka untuk tenang dan meninggalkan Anda. Jika Anda ingin tidur atau tidur siang, jangan terlalu lama.
  • Mengatur suhu kamar. Beberapa orang hanya dapat bersantai di ruangan yang sejuk, sementara yang lain lebih memilih selimut besar atau ruang pemanas. Cobalah untuk meniru kondisi apa pun yang terbaik bagi Anda ketika Anda pergi tidur di malam hari.
  • Hindari memulai ketegangan sakit kepala lebih dini. Pastikan tempat tidur atau sofa Anda nyaman dan kepala Anda didukung dalam posisi yang tidak menyebabkan ketegangan leher Anda.

4. Gunakan kompres dingin.
Menempatkan sesuatu yang lembut dan dingin di atas dahi Anda dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, yang bisa mengurangi rasa sakit dari sakit kepala. Ini bekerja sangat baik jika masalah terkonsentrasi di pelipis atau sinus.

  • Basahi kain lap dengan air dingin, dan taruh di atas dahi Anda. Rendam lagi dengan air dingin jika sudah terasa tidak dingin.

5. Pijat kulit kepala, leher dan lobus telinga.
Melakukan beberapa pijatan ringan dapat mengalihkan perhatian Anda dari rasa sakit kepala, serta meningkatkan sirkulasi dan meredakan ketegangan. Untuk pijat dasar, lembut tekan jari Anda di atas pelipis, dan memindahkan mereka dalam lingkaran lambat.

6. Menikmati seks (Khusus bagi yang sudah menikah).
Relaksasi tidak hanya dapat mengurangi stress dan tekanan darah, seks juga merangsang pelepasan hormon oksitosin, yang pada gilirannya meningkatkan pelepasan endorfin, penghilang rasa sakit alami tubuh.

7. Berlatih teknik relaksasi.
Orang-orang di seluruh dunia menggunakan berbagai trik untuk mengalihkan diri dari rasa sakit. Jika Anda berada di tengah-tengah sakit kepala, jangan khawatir tentang belajar sesuatu yang baru, apa pun yang paling dekat dengan zona kenyamanan Anda. Beberapa teknik relaksasi yang menjadi pilihan adalah meditasi, berdoa, pernapasan dalam dan mendengarkan suara -suara alam (air terjun, hujan dan lain-lain).

Semoga dapat bermanfaat bagi para sobat yang membaca.

0 komentar:

Poskan Komentar

cash